Latar Belakang

Undang undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang mengamanatkan bahwa Pemerintah Daerah Kota/Kabupaten mempunyai kewajiban menyelenggarakan pembinaan penataan ruang menurut kewenangan masing-masing. Pembinaan penataan ruang tersebut dilaksanakan antara lain melalui sosialisasi peraturan perundang undangan dan sosialisasi pedoman bidang penataan ruang, pengembangan sistem informasi dan komunikasi penataan ruang serta penyebarluasan informasi penataan ruang kepada masyarakat, akademisi, stakeholder dan lembaga pemerintah. Hal ini sejalan dengan amanat Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Keterbukaan informasi publik diharapkan akan membangun keterbukaan informasi di lembaga pemerintah dan non pemerintah sehingga mendorong tercitanya demokratisasi dalam penyelengggaraan pemerintahan yang otonom

Dilihat dari perkembangan pembangunan yang terjadi sejak ditetapkannya Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Banda Aceh, terlihat bahwa adanya perubahan-perubahan pemanfaatan ruang dan akan dipastikan adanya kecenderungan perubahan pemanfaatan ruang yang terjadi pada bagian-bagian wilayah kota sehingga terjadi penyimpangan pada pola ruang kota dari rencana yang sudah ditetapkan tersebut serta memperhatikan kondisi yang terdapat di lapangan maka Pemerintah Kota Banda Aceh telah melakukan pengkajian terhadap revisi Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Banda Aceh Tahun 2009-2029 dan pada tahun 2018 Pemerintah telah memiliki regulasi penataan ruang yaitu Qanun Nomor 2 Tahun 2018 tentang Perubahan Qanun Nomor 4 Tahun 2009-2029 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Tahun 2009-2029.

Adanya kondisi seperti ini maka dibutuhkan suatu ide ataupun inovasi yang mampu mengintegrasikan data dan informasi secara tepat, akurat dan efisien sehingga semua informasi yang dibutuhkan berkaitan dengan pemanfaatan ruang dapat diakses dimana saja. Penyediaan aplikasi ini nantinya diharapkan bisa dikembangkan dan digunakan untuk keperluan monitoring dan evaluasi pemanfaatan ruang di Kota Banda Aceh dapat tercapai. Diharapkan dengan adanya informasi tata ruang pelaku pengendali pemanfaatan ruang dapat dengan mudah dalam mengendalikan ruang sesuai dengan Rencana Tata Ruang Kota Banda Aceh.


Manfaat

  1. mewujudkan sistem satu peta untuk Banda Aceh
  2. menyebarluaskan kebijakan dan regulasi penataan ruang
  3. Memberikan informasi mengenai penataan dan pemanfaatan ruang
  4. Efektif dan efisien dalam layanan perizinan pemanfaatan ruang

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang

Alamat : Jln. Ali Hasyimi Gp. Pango Kec. Ulee Kareng Banda Aceh
Telpon : 0651 - 31668
Kode Pos : 23117
Email : Simtaru@bandaacehkota.go.id
Contact Person : Kiki Setiawati, ST (081269060020)

Pengunjung

Hari ini : 13
Kemarin : 12
Bulan ini : 218
Total : 3592